Home » Baru Pemula? Iniloh Urutan Make up yang Benar
Make Up

Baru Pemula? Iniloh Urutan Make up yang Benar

Memakai make up yang tepat memang terasa seperti sedang disulap. Hal ini dikarenakan make up bisa mengubah wajah seketika menjadi lebih segar. Namun, hal ini jika dilakukan dengan cara yang tepat. Make up sendiri sudah ada sejak berabad lalu dan sudah digunakan oleh manusia untuk berbagai keperluan.

Make up juga digunakan oleh kaum perempuan agar menyempurnakan penampilan mereka. Seni ini bisa menunjang penampilan juga. Namun, untuk para pemula mungkin masih sedikit bingung dengan urutan make up yang benar. Karena itulah, di bawah ini kami akan berikan urutannya.

1. Bersihkan Wajah

Bersihkan Wajah

Urutan pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah dengan cara mencucinya sampai bersih. Langkah ini sangat penting agar kotoran, sel kulit mati, dan sebum tidak menyumbat di pori – pori wajah dan menimbulkan jerawat.

2. Gunakan Skincare Routine dan Pelembab

Gunakan Skincare Routine dan Pelembab

Urutan memakai make up yang selanjutnya adalah tetap menggunakan skin care yang bisanya kalian gunakan. Dan yang paling penting adalah menggunakan pelembap atau moisturizer. Karena, pelembap sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Kulit kita merupakan organ tubuh terbesar yang juga membutuhkan perhatian rutin. Pilihlah pelembap dengan kandungan vitamin serta SPF 15 untuk melindungi kulit di siang hari. Sebisa mungkin juga gunakan pelembap yang bebas minyak, teruji alergi, non comedogenic, serta telah disetujui dermatologis.

3. Gunakan Foundation atau Cushion

Gunakan Foundation atau Cushion

Selanjutnya kalian bisa menggunakan alas bedak atau foundation ayau Cushion. Jika kalian punya masalah kulit wajah seperti warna yang kurang merata, bekas flek hitam, hingga bekas jerawat, foundation ini akan sangat berguna untuk menutupi kekurangan kialian.

Untuk pemula, kalian juga harus mengenali dulu jenis kulit wajah kalian apakah tipe norman, kering, berminyak, maupun kombinasi. Lalu pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit kalian.

4. Concelear

Concelear

Concelear fungsinya tak beda jauh dengan foundation dimana digunakan untuk melengkapi kekurangan yang tak tertutup oleh foundation dengan lebih detail. Menggunakan cocelear di area bawah mata bisa membantu menutupi area mata panda.

Concelear juga bisa membantu kalian menonjolkan bagian – bagian wajah tertentu seperti dahi, tulang pipi, serta tulang hidung. Pengaplikasiannya juga mudah. Kalian hanya perlu mengusap menggunakan jari manis dan pastikan concelear menyatu dengan mulus dengan alas bedak.

5. Bedak

Bedak

Jika sudah selesai dengan foundation dan concelear, kalian bisa mengaplikasikan bedak sebagai lapisan akhir yang mengunci keduanya. Bedak bisa memberikan lapisan tipis untuk tampilan yang lebih alami. Gunakan pula aplikator kuas yang berkualitas agar kalian tak terlalu banyak mengaplikasikan bedak di wajah.

Menggunakan bedak setelah foundation juga sangat wajib dilakukan bagi kalian yang punya kulit berminyak. Hal ini dikarenakan bedak, apalagi bedak tabur, cenderung menyerap residu minyak di wajah.

6. Pensil Alis

Pensil Alis

Alis adalah salah satu fitur wajah seseorang yang paling menonjol. Alis bisa membuat mata kita lebih menonjok, mempertegas bentuk wajah, serta memainkan peran yang kuat dalam komunikasi non verbal.

Memberikan warna serta bentuk untuk mempertegas alis merupakan hal yang penting yang harus dilakukan dalam urutan pemakaian make up. Pewarna alis punya bentuk yang berbeda – beda mulai dari pensil, powder, sampai gel. Cobalah untuk mewarnai alis senatural mungkin, tak terlalu tebal, serta mengikuti bentuk alami alis.

7. Eye Shadow

Eye Shadow

Selanjutnya adalah eye shadow. Agar warna eye shadow lebih tahan lama dan lebih keluar, kalian bisa menggunakan eyeshadow primer atau concelear sebelum menggunakan eye shadow.

8. Eyeliner

Eyeliner

Penggunaan eyeliner dalam make up juga bisa menjadi salah satu bagian penting untuk sebagian besar wanita. Karena eyeliner ini bisa membantu mempertegas bentuk mata lalu membuatnya terliaht lebih tajam dan menarik.

Melukis eyeliner untuk pemula mungkin terkesan susah, karena itulah, ada baiknya kalian sering sering berlatih menggunakannya. Karena, menggunakan eyeliner, eye shadow, serta maskara yang tepat bisa membuat mata terlihat lebih tegas dan cantik.

9. Maskara

Maskara

Maskara juga bisa memberikan efek bulu mata kita lebih panjang serta tebal sehingga menarik perhatian. Jika kalian punya mata yang kecil, maskara bisa membuatnya lebih terlihat besar dan menonjol.

10. Blush On

Blush On

Blush on adalah pewarna pipi yang digunakan untuk menambah rona warna di wajah, khususnya pada daerah pipi. Produk make up ini juga mempunyai beberapa tekstur yang bisa dipilih mulai dari padat, cair, hingga krim. Ketiga tekstur yang berbeda ini biasanya disesuaikan dengan kondisi kulit agar hasil riasan wajah lebih maksimal.

11. Lipstick

Lipstick

Setelah semua urutan make up selesai, kalian bisa mewarnai bibir dengan menggunakan lipstick. Bukan hanya mata, bibir juga bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk perempuan. Wanita biasanya menggunakan lipstick untuk merepresentasikan dirinya serta mencerminkan suasana hati serta identitasnya sehari – hari.

12. Highlighter

Highlighter

Agar wajah terlihat lebih glowing dan sehat, kalian bisa mengaplikasikan sedikit highlighter. Produk ini bisa kalian gunakan di ujung bagian dalam mata, tulang pipi, hingga sedikit di bagian ujung hidung kalian.

13. Setting Spray

Setting Spray

Setting Spray berfungsi untuk membuat agar make up yang sudah diaplikasikan diwajah dapat bertahan lama seharian. Bagi kalian yang ingin menggunakan produk kosmetik ini harus memerhatikan cara penggunaannya yaitu setting spary harus disemprotkan dari jarak sekitar 20 cm dari wajah agar lebih efektif dan merata.

Itulah urutan dalam melakukan make up yang benar untuk pemula agar hasilnya maksimal dan bertahan lama. Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui berbagai tips serta informasi lengkap lainnya seputar kecantikan dapat mengunjungi situs kami yang selalu update dengan informasi-informasi bermanfaat lainnya.