Home » Jenis, Cara Merawat, dan Penyebab Rambut Keriting Yang Harus Kamu Tahu!
Rambut

Jenis, Cara Merawat, dan Penyebab Rambut Keriting Yang Harus Kamu Tahu!

Di dunia ini, ada orang yang berambut lurus, ada orang yang berambut keriting. Beberapa orang yang berambut lurus pasti bertanya – tanya kenapa rambutnya tidak keriting indah. Begitu pula dengan yang berambut keriting pasti bertanya – tanya kenapa rambutnya tidak lurus jatuh dengan cantik.

Rambut keriting biasanya dianggap lebih baik dalam menjaga tubuh mamalia agar tetap hangat jika dibandingkan dengan rambut lurus. Rambut lurus menempel serta menciptakan sedikit ruang yang ada di dekat kulit.

Sedangkan untuk rambut keriting bisa mengisi ruang serta bisa menjebak udara. Rambut ikan bisa dijleaskan dengan lebih banyak sel rambut di sisi cembung folikel rambut yaitu tepi luar ikal serta lebih sedikit di sisi cekung atau tepi dalam.

Jumlah sel nya juga relatif lebih kecil di bagian dalam dan akan menciptakan tepi yang lebih pendek dan akan menarik folikel ke arah dalam dan menciptakan ikal. Penyebab rambut keriting adalah karena adanya perbedaan antara panjang sel di sisi cembung serta cekung yang ada pada helai rambut membuat rambut menjadi ikal.

Jenis Rambut Keriting

Jenis Rambut Keriting
  • Straight Hair: jenis rambut keriting tipe 1 ini punya kelurusan dari pangkal sampai dengan ujung rambut dan hampir tak punya tingkat kelengkungan sama sekali. Jenis ini paling banyak disukai oleh sebagian orang terutama kaum hawa karena lebih mudah diatur dan lebih rapi.
  • Wavy Hair: jenis tipe ini punya campuran antara rambut lurus dan keriting, bagian pangkal sampai sebagian rambutnya lurus sedangkan sisanya keriting. Jenis ini juga terlihat seperti lautan yang tak rata. Tipe ini dibagi lagi menjadi 3 tipe yaitu 2A, 2B, dan 2C.
  • Curly Hair: rambut keriting atau curly ini punya tingkat keikalah rambut yang melebihi 50% dan cenderung sulit ditata. Jenis rambut ini juga lebih mudah kusut jadi akan sangat perlu kehati – hatian saat ingin disisir model ini dikategorikan jadi tipe 3S, 3B, dan 3C.
  • Coily Hair: coily atau yang biasanya kita sebut dengan rambut afro atau rambut kribo punya tingkat keikalan yang sangat rapat dan volume nya cenderung lebat. Biasanya, model rambut ini juga terlihat mengembang mirip topi atau helm besar jika dalam kondisi kering. Rambut jenis ini juga dibagi jadi kategori 4A, 4B, dan 4C.

Cara Merawat Rambut Keriting

Cara Merawat
  • Jangan terlalu sering keramas: shampo memang diformulasikan untuk membersihkan kelebihan minyak di kulit kepala. Namun, jika digunakan setiap hari, shampoo malah bisa menghilangkan minyaka alami rambut sehingga membuat rambut jadi kering dan rapuh. Rambut keriting lebih rentan mengalami kekeringan sehingga tak disarankan untuk keramas setiap hari. Walau begitu, faktor mencuci rambut tetap dipengaruhi oleh faktor lain seperti paparan polusi, melakukan aktivitas yang menyeluarkan banyak keringat, serta cuaca. Jika kulit kepala sudah terasa berminyak dan kotor, kalian sudah saatnya mencuci rambut dengan shampo untuk rambut keriting.
  • Gunakan shampo pada kulit kepala saja: ujung rambut merupakan bagian rambut yang paling jauh dari kulit kepala. Tidak heran kalau bagian ini lebih mudah kering serta jadi bercabang. Supaya rambut tak semaki kering, oleskan shampo hanya di akar rambut saja. lalu, bersihkan ujung rambut saat membilas sampo dengan air bersih.
  • Pilih sampo yang sesuai tipe rambut: kebanyaka sampo yang dijual di pasaran memiliki kandungan detergen sebagai bahan pembersih utama. Detergen bekerja dengan cara mengikat kotoran serta sebum, namun zat ini bisa merusak rambut, supaya rambut keriting tak mudah kusut, pilihlah sampo tanpa kandungan deterjen sebagai cara untuk merawat rambut keriting. Sampo non detergen biasanya mencantumkan keterangan bebas sulfat atau bebas SLS di label komposisi.
  • Selalu gunakan conditioner: conditioner merupakan salah satu perawatan rambut keriting yang sangat penting untuk digunakan. Conditioner bertugas untuk mengembalikan kelembapan serta kelembutan rambut setelah penggunaan sampo. Pakailah conditioner dari batang sampai ke ujung rambut, lalu diamkan selama beberapa saat. Pilih conditioner yang mengandung vitamin E atau shea butter supaya rambut keriting tak cepat kusut.
  • Keringkan dengan lembut: mengeringkan rambut dengan cara menggosok – gosokan handuk pada kulit kepala jutsru bisa membuat rambut jadi mudah kusut dan rentan patah. Keringkan rambut memakai handuk katun dengan cara ditekan – tekan supaya menyerap kelebihan air. Lalu, sisir secara perlahan supaya rambut tak mudah rontok.
  • Hindari pengering rambut: penggunaan alat pengering ada baiknya dibatasi karena bisa menghilangkan kelembapan alami rambut serta bisa merusak rambut.

Itulah beberapa informasi mengenai rambut keriting. Rambut keriting sebenarnya juga tak kalah indah dibandingkan dengan model rambut lain. Jadi, tetap cintai rambut kalian ya. Namun, kalau kalian mungkin lebih suka rambut lurus dan ingin meluruskan rambut, jangan lupa perhatikan cara serta teknik meluruskan rambut supaya bisa dijalani agar kerusakan bisa diminimalkan. Semoga bermanfaat.