Home » Inilah Penyebab, Ciri, dan Cara Mengatasi Kulit Kering!
Uncategorized

Inilah Penyebab, Ciri, dan Cara Mengatasi Kulit Kering!

Kulit kering merupakan sebuah masalah yang seringkali terjaid di saat lapisan kulit yang terletak di paling atas atau epidermis tak mendapatkan kelembapan yang cukup. Karena itulah, kulit jadi kelihatan seperti bersisik, pecah – pecah, bahkan sampai mengelupas.

Dalam istilah medis sendiri, kulit kering seringkali di sebut dengan Xerosis. Kondisi ini bisa terjadi di bagian tubuh manapun namun yang paling umum bisa di lihat di kaki serta tangan. Siapa saja bisa mendapatkan kondisi kulit ini.

Namun, biasanya orang yang sudah berusia lanjut lebih rentan karena lancia bisa mengalami penurunan produksi sebum yaitu minyak alami yang fungsinya untuk pelumas kulit. Kulit yang kering biasanya lebih sensitif serta rentan rusak.

Kalau kulit kalian sangat kering dan tak di rawat, maka ada beberapa komplikasi yang akan mengintai mulai dari infeksi bakteri, retakan kulit berdarah, sampai dengan eksim. Walau begitu, namun kondisi ini tentu saja bisa di tangani dengan mengurangi faktor yang bisa meningkatkan risikonya.

Ciri – Ciri Kulit Kering

  • Kulit kencang dan ketat terutama sehabis mandi
  • Kulit pecah – pecah dan terkadang bisa berdarah
  • Ada perbedaan warna di kulit, misal keabuan atau kemerahan
  • Kulit terasa kasar dan kelihatannya tidak rata
  • Brsisik, pecah- pecah, mengelupas
  • Sering terasa gatal
  • Muncul garis putih saat menggaruk kulit

Kemungkinan juga masih ada tanda – tanda serta gejala yang tak di sebutkan. Kalau kalian khawatir dengan gejala tertentu, ada baiknya kalian berkonsultasi ke dokter.

Penyebab Kulit Kering

Kulit Kering
  • Tak minum cukup air: aturan minum air 8 gelas se hari bukan Cuma sekedar mitos saja. karena, tubuh memang butuh cukup cairan agar bisa bekerja dengan baik. Kurang minum air bisa membuat kulit jadi dehidrasi dan membuatnya kering serta tak bercahaya
  • Cuaca Dingin atau Panas: kulit biasanya ada di kondidi paling kering di saat cuaca dingin atau keirng. Di saat ini, suhu serta kelembapan udara akan menurun. Selain itu, iklim panas yang ada di musim kemarau juga bisa membuat kulit jadi makin parah karena terkena dehidrasi.
  • Pemakaian Obat Tertentu: obat – obatan tertentu seperti obat jerawat juga ternyata bisa membuat kulit wajah jadi terkelupas serta mengalami kekeringan. Berbagai obat jerawat yang menimbulkan efek samping adalah retinol, asam salisilat, asam glikolat, serta benzoil peroksida.  
  • Paparan Sinar Matahari: paparan sinar matahari dengan iklim apa saja bisa membuat kulit jadi mengalami dehidrasi. Hal ini di karenakan sinar ultraviolet yang bisa menembus jauh ke bawah permukaan kulit. Karena itulah, kulit akan kehilangan kelembapan alami mereka.
  • Gejala Penyakit: Penyakit tertentu juga bisa membuat kulit jadi semakin kering, misalnya seperti psoriasis dan eksim yang membuat kulit jadi berkerak, keirng, percahn – pecah, bahkan sampai berdarah.
  • Mandi air hangat terlalu lama: mandi dengan air hangat mungkin menenangkan. Tetapi, kebiasaan ini sebenarnya bisa membuat kulit mengering dan bersisik kalau di lakukan terlalu lama. Dampak yang sama juga bisa terjadi kalau kalian memakai air yang terlalu panas. Karena itulah, batasi waktu mandi kalian agar tak lebih dari 5 menit. Pastikan pula suhu air yang kalian gunakan tak sampai membuat kulit terasa terbakar.
  • Penggunaan sabun cuci muka atau Facial wash dan deterjen keras: sabun, deterjen, serta produk pembersih yang bahannya keras punya kandungan berbagai zat kimia yang bisa membuat kelembapan kulit menghilang. Biasanya produk ini lengkap dengan surfaktan. Surfaktan merupakan zat pembersih dengan PH Basa. PH basa bisa membuat lapisan paling luar kulit yang berfungsi sebagai pelindung jadi rusak dan akhirnya kulit jadi gampang iritasi.

Cara Mengatasi Kekeringan Kulit Lewat Pengobatan

kulit kering

Kulit kering bisa di atasi dengan berbagai perawatan rumah. Tapi, kalau masalahnya sudah cukup parah, maka biasanya dokter akan memberikan krim khusus yang bisa menahan air di kulit agar tak cepat menguap.

Kondisi kulit yang terlalu kering juga bisa di atasi dengan oabt resep kortikosteroid atau modulator sustem imun seperti tacrolimus dan pimecrolimus. Obat ini akan bisa membantu menghilangkan kemeraha, rasa gatal, hingga pembengkakan.

Harus diingat kalau beberapa jenis krim untuk kulit yang kering akan cukup perih saat di gunakan ke kulit yang punya eksim atau mengalami pecah – pecah. Jadi, kalian mungkin harus menyebutkan riwayat medis kalian dulu sebelum dokter mengatasi kulit kering kalian.

Cara Mengatasi Kulit Kering Di Rumah

kulit kering
  • Jangan Gosok Kulit Terlalu Keras: kulit kering serta bersisik sangat mudah terluka. Itulah kenapa, kalian harus menghindari menggosok kulit terlalu keras sesudah mandi baik menggunakan tangan maupun spons sekalipun. Cukup tepuk – tepuk kulit dengan handuk untuk mengeringkan tubuh.
  • Rutin Pakai Pelembap: oleksan pelembap dengan teratur setiap hari agar bisa membantu membuat kulit kering jadi lebis halus dan lembut. Pelembab yang benar akan berperan sebagai pelindung lapisan kulit paling atas yang akan bisa mencegah air keluar dari tubuh. Produk ini biasanya punya 3 bahan utama yaitu Humektan, Emolien, dan bahan lainnya yang bisa mempertehanakan kelembapan alami kulit seperti lanolin, silikon, dan petrolatum.
  • Gunakan Lidah Buaya: lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu bahan yang alami yang bisa dipakai untuk mengatasi kulit yang mengering. Kalian bisa menggunakan ekstrak aloe vera yang sudah diproses atau memakai gel nya dari tanaman lidah buaya langsung. Saat pemakaian pertama, cobalah untuk mengoleskan sedikit gel lidah buaya di kulit kalian agar bisa melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak. Kalau tidak, kalian bisa mengoleskannya lalu mendiamkannya semalaman.
  • Gunakan Produk Mandi yang bahannya lembut: cara mengatasi kulit wajah kering adalah dengan menggunakan sabun cuci muka yang bahannya lembut. Begitu pula dengan tubuh, gunakanlah produk yang bahannya lembut tanpa kandungan alkohol atau zat kimia tambahan lain.
  • Gunakan Sarung Tangan Saat Mencuci: masalah kulit kering terutama di bagian tangan biasanya disebabkan karena dterjen yang terlalu keras. Selain itu, menghindari penggunaan deterjen mungkin rasanya mustahil karena kalian harus mencuci pakaian tiap hari. Kalian bisa atasi ini dengan menggunakan sarung tangan non lateks saat mencuci pakaian. Jadi, kulit kalian tak akan bersentuhan langsung dengan deterjen yang bisa mengiritasi.
  • Oleskan Madu: madu bisa membantu menutrisi lagi kulit yang kering. Bahan alami ini akan sangat berguna untuk pelembab, antiradang, serta penyembuh luka. Gunakanlah madu sebagai masker wajah untuk membantu mengembalikan kelembapannya. Kalian bisa mengoleskannya langsung ke kulit wajah atau mencampurnya ke bahan masker lain misalnya perasan lemon.
  • Pakai Humidifier: humidifier kerjanya adalah untuk menyesuaikan kelembapan di rumah kalian. Dengan begitu, udara yang ada di dalam rumah juga tak akan terpengaruh oleh cuaca yang panas ataupun dingin. Kulit juga akan jadi tak mudah keirng karena kelembapannya akan selalu terjaga.
  • Mandi Oatmeal: cara menghilangkan kulit kering yang cukup mudah adalah dengan menuangkan oatmeal ke dalam bak mandi berisi air hangat lalu gunakan untuk mandi atau berendam. Namun, gunakanlah oatmeal koloid yang memang dikhususkan untuk mandi. Oatmeal punya zat antiradang dan antioksidan yang bisa merawat kulit kering.
  • Oleskan Minyak Kelapa: minyak kelapa punya kandungan asam lemak yang akan membantu menjaga kelembapan kulit. Asam lemak juga bisa melindungi kulit dari berbagai faktir lingkungan yang bisa merusak lapisan pelindungnya. Cukup oleskan saja secara rutin untuk mendapatkan hasilnya.

Kulit kering sebetulnya merupakan masalah yang cukup biasa. Kulit yang kering biasanya bisa diatasi hanya dengan mencukupi cairan tubuh dan menghindari kebiasaan yang bisa membuat kulit iritasi atau rusak. Semoga penjelasan di atas bisa menambah ilmu kalian dan jadi bermanfaat.