Home » 5 Cara Aman Menghilangkan Komedo Putih
Kulit

5 Cara Aman Menghilangkan Komedo Putih

Komedo putih atau whitehead biasanya muncul di area wajah, dada, serta punggung. Jenis komedo ini sendiri biasanya disebut sebagai komedo tertutup karena ujungnya tertutup oleh kulit dan terlihat seperti bintik putih kecil.

Komedo putih sendiri terbentuk saat minyak, kotoran, serta sel kulit mati menumpuk pada pori – pori kulit. Kondisi ini bisa menimbulkan benjolan di permukaan kulit namun tak disertai dengan radang dan rasa sakit.

Karena tertutup kulit, maka cara menghilangkan komedo putih tak semudah mengeluarkan komedo hitam. Tetapi, ada berbagai cara untuk menghilangkan komedo putih yang bisa kalian lakukan mulai dari perawatan rumahan dengan bahan alami sampai dengan perawatan dokter. Caranya adalah:

1. Gunakan Bahan Alami

Gunakan Bahan Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa kalian gunakan sebagai cara menghilangkan komedo putih di hidung dan wajah misalnya seperti lidah biaya, tea tree oil, hingga witch hazel. Ketiga bahan ini bisa kalian temukan di dalam produk perawatan kulit wajah seperti masker atau pembersih wajah,

Tea tree oil sendiri dipercaya bisa membersihkan komedo putih karena ada sifat antiradang serta antibakteri yang alami. Sementara, lidah buaya banyak ditemukan pada produk perawatan kulit untuk wajah yang berjerawat.

Untuk mengatasi komedo putih, witch hazel bekerja dengan cara membuka pori – pori kulit. Kalian bisa menemukan kandungan witch hazel dalam bentuk astringent yang cukup diusapkan ke wajah memakai kapas sebanyak 2 kali sehari.

2. Rutin Bersihkan Wajah

Rutin Bersihkan Wajah

Rutin membersihkan wajah merupakan cara alami menghilangkan komedo putih yang paling mudah. Bersihkan wajah secara teratur setidaknya 2 kali dalam sehari dengan sabun wajah yang bahannya lembut. Hindari menggosok wajah terlalu keras dan jangan pakai sabun yang mengandung alkohol, deterjen, maupun scrub.

Karena, bahan – bahan tersebut malah bisa menyebabkan iritasi kulit serta justru akan membuat komedo jadi semakin parah. Selain itu, gunakan pula air hangat saat membilas wajah atau tubuh saat komedo putih mulai muncul.

Kalian juga disarankan untuk melakukan eksfoliasi pada tiap minggunya untuk menghilangkan sel – sel kulit mati yang bisa menyumbat pori – pori kalian. Eksfoliasi bisa dilakukan dengan memakai berbagai produk skincare yang cocok dengan kalian.

3. Hindari Paparan Matahari Langsung

Hindari Paparan Matahari Langsung

Untuk bisa mencegah komedo putih semakin berkurang, hindarilah paparan sinar matahari secara langsung. Jika mau beraktivitas di luar ruangan, selalu gunakan tabir surya. Pastikan pula tabir surya yang dipakai bebas minyak atau comedogenic.

Komedo putih memang terasa mengganggu. Namun, jangan memencetnya tanpa pengawasan dokter karena justru akan memperburuk serta membuat komedo jadi lebih sulit dihilangkan. Selain itu, memencet komedo putih juga bisa membuat kulit iritasi dan infeksi serta meninggalkan bekas.

4. Pakai Obat Jerawat

Pakai Obat Jerawat

Untuk menghilangkan komedo putih, kalian bisa memilih obat jerawat yang punya kandungan asam salisilat, retinoid, atau benzoil peroksida. Kandungan asam salisilat sendiri punya fungsi untuk mengurangi produksi minyak berlebih serta membersihkan sel – sel kulit mati supaya tidak menyumbat pori – pori. Asam salisilat sendiri disediakan ke dalam bentuk toner dan obat oles yang bentuknya gel atau krim.

Sementara untuk benzoil peroksida fungsinya adalah untuk membunuh bakteri dan minyak berlebih. Kalian bisa gunakan produk dengan kandungan benzoin peroksida setidaknya 1 kali sehari dan bisa 2 kali sehari jika wajah sudah beradaptasi. Pilihlan produk obat jerawat yang kadar benzoil peroksidanya setidaknya 2%.

Krim yang berbahan dasar retinoid juga bisa dipakai sebagai perawatan komedo putih. Retinoid sendiri adalah turunan vitamin A yang fungsinya untuk membersihkan pori – pori yang tersumbat dan sebagai antipenuaan. Jika kalian punya kulit yang kering atau sensitif, kalian bisa mencoba menggunakan produk dengan bahan retinoid 2 hari sekali.

5. Terapi

Terapi

Selain menggunakan cara di atas, kalian juga bisa menghilangkan komedo putih dengan melaksanakan beberapa terapi seperti Chemical peeling. Terapi chemical peeling sendiri merupakan perawatan kulit yang memakai bahan kimia. Perawatan ini lebih efektif jika digabungkan bersama perawatan jerawat lainnya kecuali obat yang mengandung retinoid. Sesudah menjalani chemical peeling, kulit juga akan terasa panas dan telrihat kemerahan selama beberapa saat dan terjadi perubahan warna kulit jangka panjang.

Atau kalian juga bisa melakukan ekstraksi komedo yang tujuannya untuk mengangkat komedo putih dengan cara mencabutnya dengan bantuan alat khusus dari dokter kulit. Efek samping metode ini adalah bisa menyebabkan bekas luka pada bagian yang berkomedo.

Suntik Kortisteroid bisa diberikan jika komedo berukuran besar menyerupai kista. Komedo putih sendiri bisa dihilangkan dengan cara menyuntikkan steroid langsung ke titip sasaran. Berbeda dengan ektraksi komedo, metode ini tak meninggalkan bekas luka atau jaringan parut di kulit. Efek sampingnya adalah warna kulit jadi lebih pucat dan penipisan kulit bisa membuat pembuluh darah terlihat dari luar.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan komedo putih. Komedo putih ini memang terkadang sangat mengganggu kita sehingga membuat penampilan wajah jadi tidak bagus. Komedo putih juga terkadang bisa menyerupai jerawat pasir. Kalau mau menghilangkannya, kalian bisa lakukan cara – cara di atas. Semoga bermanfaat.