Home » 10 Jenis Rambut Keriting Yang Harus Kamu Tahu!
Uncategorized

10 Jenis Rambut Keriting Yang Harus Kamu Tahu!

Kalau mendengar model rambut ikal atau jenis rambut keriting, biasanya orang pasti berpikir kalau rambut ikal itu hanya merujuk pada jenis rambut yang sangat keriting saja. padahal, sebetulnya rambut ikal juga punya berbagai tipe dan jenisnya loh.

Nah, kalau kalian belum tahu, ada beberapa jenis dan tipe rambut ikal yang harus kalian ketahui berdasarkan tingkat keritingan atau keikalannya. Apa saja? yuk simak di bawah ini biar tahu apa tipe rambutmu.

Tipe 1 – Straight Hair

Jenis Rambut Keriting

Dari tingkat keikalannya, rambut yang lurus atau yang biasa di kenal dengan nama straight hair bisa di kategorikan sebagai rambut ikal tipe 1. Jenis rambut pada tipe ini punya kelurusan dari pangkal sampai dengan ujung rambutnya.

Tipe ini juga hampir tak punya tingkat kelengkungan sama sekali. Walaupun terlihat monoton, tetapi jenis rambut ini sebenarnya paling banyak disukai oleh para kaum hawa karena lebih gampang di atur serta terlihat lebih rapi.

Tipe 2 – Wavy Hair

Jenis Rambut Keriting

Jenis rambut keriting yang kedua atau yang biasa kita sebut sebagai rambut bergelombang atau wavy. Rambut dengan tipe satu ini punya jenis percampuran di antara rambut lurus dengan rambut keriting.

Biasanya, pada bagian pangkal sampai dengan sebagian rambut jenisnya lurus serta sisanya adalah rambut keriting. Sama dengan namanya, jenis rambut bergelombang kelihatannya akan seperti gelombang lautan yang tak rata.

Tipe rambut ini juga di bagi lagi jadi beberapa tipe yang berbeda, yaitu tipe 2A, 2B, dan juga 2C. apa saja perbedaannya?

1.Tipe 2A

Jenis gaya rambut keriting panjang dengan tipe 2A punya karakteristik rambut yang lebih mudah di atur serta lebih mudah di tata. Jenis rambut ini juga bisa di atur lebih mudah untuk di jadikan sebagai rambut lurus maupun keriting. Tingkat keikalannya juga kurang dari 10% dan cenderung kelihatan lurus karena pada bagian bergelombangnya Cuma ada di beberapa titik nya saja.

2.Tipe 2B

Model rambut yang satu ini punya karakter yang agak sulit ditata dan lebih mudah kusut. Walau begitu, namun jenis rambut ini sebenarnya masih bisa di kategorikan sebagai yang lebih mudah diatur jika di bandingkan dengan rambut keriting lainnya.

Untuk kalian yang punya jenis rambut yang satu ini, ada baiknya kalian selalu memastikan agar kelembapannya terjaga. Karena, rambut dengan tipe 2B ini biasanya lebih mudah mengembang dan kelihatannya lebih berantakan kalau tak dirawat dengan baik.

3.Tipe 2C

Rambut dengan tipe 2C ini punya karakter bergelombang yang biasanya tebal. Lekukan atau aksen ikal yang ada juga kelihatannya makin penuh serta rapat. Kalau tak di rawat dengan benar, maka jenis rambut dengan tekstur rungan ini bisa mudah mengembang. Nah, kalau kalian punya tipe rambut ini, di sarankan untuk selalu pakai kondisioner sesudah keramas ya.

Tipe 3 – Curly Hair

Jenis Rambut Keriting

Masyarakat biasanya menyebutkan rambut ikal tipe 3 ini dengan sebutan keriting atau curly. Tipe ini juga biasanya merupakan tipe yang di cari oleh mereka yang mau membuat rambut keriting alami. Tingkat keikalan rambut pada tipe ini sudah melebihi 50% dan cenderung sulit di tata.

Jenis rambut ini juga lebih mudah kusut jadi lebih perlu kehati -hatian saat mau disisir. Model rambut ini juga di bagi lagi menjadi 3, yaitu berikut ini.

1.Tipe 3A

Kalau di bandingkan dengan tipe rambut keriting lainnya, tipe 3A kelihatannya lebih gampang di atur. Tipe rambut ini adalah tipe rambut gabungan di antara rambut keriting serta bergelombang. Namun bedanya, rambut keriting tipe 3A biasanya punya keikalan yang di mulai dari pangkal rambut. Ciri – ciri dari model rambut ikal tipe ini adalah bentuk lengkungan atau aksen keritingnya yang biasa besar.

2.Tipe 3B

Tipe rambut yang satu ini punya karakter rambut dengan bentuk spiral namun volumenya cukup lebat. Jenis rambut ini juga saat ini semakin banyak di sukai oleh beberapa orang, apalagi untuk mereka yang punya rambut tipis.

Hal ini di karenakan tipe 3B bisa memberikan kesan penuh pada wajah kita tetapi cenderung masih cukup gampang untuk diatur. Kalau kalian punya tipe rambut ini, sebaiknya gunakanlah vitamin untuk menghindari munculnya tekstur kasar yang juga bisa membuat rambut jadi bercabang.

3.Tipe 3C

Kalau kalian punya rambut yang spiralnya lebih kecil dan rapat, serta punya lekukan di rambut mulai dari pangkal rambut hingga bagian ujungnya, artinya kalian punya tipe 3C ini. Rambut dengan tipe ini sifatnya lebih ringan dan melayang jadi akan lebih mudah kusut kalau tertiup angin. Masalah lain yang sering di hadapi oleh pemilik rambut ini adalah mudah terbentuk simpul saat sedang disisir.

Tipe 4 – Coily Hair

Jenis Rambut Keriting

Jenis rambut keriting yang satu ini mungkin lebih biasa kita sebut dengan rambut kribo atau afro. Rambut jenis ini punya tingkat keikalan yang sangat rapat dan punya volume yang cenderung lebat dan tebal.

Biasanya, model rambut ikal tipe 4 ini juga lebih terlihat menyembang seperti topi atau helm besar kalau berada pada kondisi yang kering. Sama seperti tipe sebelumnya, rambut tipe ini juga di bagi jadi beberapa kategori, yaitu:

1. Tipe 4A

Kalau di bandingkan dengan tipe 4B dan 4B, jenis rambut keriting yang satu ini masih punya tingkat kerapatan yang tak terlalu padat. Walau begitu, namun lekukan atau keikalan rambut sudah terlihat dengan sangat signifikan.

Kalian bisa menandai rambut kalian sebagai tipe 4A kalau punya tekstur serta lekukan keikalannya yang menyerupai bentuk S yang lebat. Banyak pula orang yang menyebutkan kalau rambut di tipe ini punya keikalan yang mirip helai benang renda maupun benang rajut. Saat ada dalam kondisi kering, rambut ini biasanya akan kelihatan menggumpal ke atas jadi kelihatannya lebih pendek di banding ukurannya yang asli.

2. Tipe 4B

Di tipe ini, tingkat kepadatan rambut sudah tergolong sangat padat. Aksen spiral juga kelihatannya semakin mengecil hingga mirip pilinan. Jika di biarkan memanjang saja, maka rambut tipe ini biasanya akan tumbuh melebar dan mengembang bukannya memanjang kebawah.

Kalau pandai membuat style rambut keriting pendek, maka model rambut ikal tipe ini bisa di bentuk serta di tata dengan berbagai kreasi yang menarik yang bisa menonjolkan tekstur wajah kita.

3. Tipe 4C

Kalau kalian punya rambut yang tingkat keikalannya sudah sangat padat dan rapat, maka rambut kalian dikategorikan sebagai tipe 4C. bahkan, sangking rapatnya, bentuk spiral yang biasanya menonjol dari rambut keriting hampir tak terlalu kelihatan lagi.

Jika dipangkas pendek, maka rambut tipe ini akan membentuk tekstur mirip seperti zigzag yang sangat padat. Kalau tak di rawat dengan baik serta kurang terhidrasi, maka model rambut ikal jenis ini akan bisa mudah menyusut.

Bahkan, dalam kondisi normal pun tekstur rambut 4C yang di anggap paling rentan mengalami penyusutan sampai dengan angka 75%. Meluruskan jenis ini biasanya butuh obat kimia dengan kadar yang tinggi dengan proses rebonding.

Itulah berbagai jenis rambut ikal yang ada di dunia dan harus kita ketahui saat ini. Rambut ikal maupun lurus sama cantiknya asal kita merawatnya supaya tetap sehat. Bahkan, lebih bagus lagi jika kita bisa membut gaya rambut keriting panjang ataupun pendek. Semoga bermanfaat.