Home » Mau Punya Kuku Cantik? Iniloh Cara Merawat Kuku Yang Harus Kamu Tahu!
Kuku

Mau Punya Kuku Cantik? Iniloh Cara Merawat Kuku Yang Harus Kamu Tahu!

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang seringkali menjadi tempat kuman berkembang biak. Karena itulah, kuku juga wajib dan harus kita rawat. Selain agar kuku kita enak dilihat, namun juga agar kita terhindari dari penyakit – penyakit yang mungkin datang. Apalagi, kuku di tangan yang lebih sering digunakan untuk beraktivitas sehari – hari, pasti rentan dihinggapi oleh kuman.

Namun, jika kita bisa merawatnya dengan baik, pasti kuku tangan dan kaki kita akan bisa tetap bersih dan terawat tanpa takut terkena kuman. Lalu, sebenarnya bagaimana sih cara merawat kuku dengan baik dan benar? Nah, di bawah ini kami akan berikan beberapa caranya.

Cara Merawat Kuku Tangan

Cara Merawat Kuku Tangan

1. Potonglah kuku secara teratur

Memotong kuku dengan teratur nantinya akan bisa membantu kalian agar kuku kalian tak cepat dan mudah patah. Secara tidak langsung, membuat kuku kita tetap kuat. Apalagi, jika kalian punya kuku yang panjang, pasti akan membuat risiko terkena penyakit lebih besar. Saat kalian memotong kuku, usahakan sebisa mungkin menggosok tepi kuku kalian dengan lembut agar tak melukai kulit saat bersentuhan.

2. Pastikan kuku kering dan bersih

Di masa pandemi seperti ini, pasti kita akan sering mencuci tangan. Nah, untuk menjaga kuku kita, pastikanlah kuku kalian selalu kering sampai ke sela – selanya. Kalau perlu, kalian bisa mencoba menyikatnya dengan lembut agar menghindari infeksi jamur dan bakteri. Atau, kalian juga bisa coba menggunakan sarung tangan karet saat kalian mencuci piring agar bahan kimia keras dan berbahaya tak mengenai tangan kalian.

3. Oleskan pelembab pada kutikula

Saat melakukan perawatan kuku, pastikan kalian tidak lupa dengan memberikan pelembab untuk bagian kutikula kuku kalian. Namun, ingatlah untuk tak terlalu berlebihan dalam merawatnya. Sebaiknya, jangan mendorong ataupun mengupas kutikula kalian karena bisa membuat kuku rusak dan terkena infeksi jamur atau bakteri.

4. Jangan terlalu sering cat kuku

Cat kuku mungkin memang bisa membuat kuku kalian terlihat lebih cantik. Namun, tetap saja kalian harus membatasi penggunaannya. Karena, penggunaan cat kuku yang terus menerus bisa membuat kuku menjadi rapuh. Berikan dulu jeda waktu setidaknya seminggu sebelum kalian menggunakan cat kuku lagi. Selain itu, sebisa mungkin hindari penggunaan pembersih cat kuku yang mengandung aseton karena bisa membuat kuku kita dan sekitarnya kering.

5. Pilih salon kuku yang tepat

Jika kalian mau melakukan perawatan kuku di salon, kalian harus memilih salon kuku yang berlisensi serta kebersihannya terjaga. Ini penting untuk dilakukan agar menghindari kemungkinan terjadinya infeksi bakteri atau jamur di kuku jika manikur pedikur tak dilakukan dengan benar.

6. Makan suplemen biotin

Jika kalian punya kuku yang rapuh dan lemah, ada baiknya kalian berkonsultasi ke dokter. Biasanya, mereka akan memberikan suplemen biotin yang bisa digunakan untuk memperkuat kuku. Bioin sendiri sebenarnya merupakan salah satu vitamin B yang bisa memperkuat rambut serta kuku dan membantu fungsi sistem saraf di dalam tubuh. Biotin juga sebenarnya bisa kalian temukan di ikan sarden, telur matang, hingga kacang – kacangan. Selain itu, kalian juga bisa mendapatkannya lewat minum air putih cukup, menggunakan alas kaki nyaman, serta menghentikan kebiasaan menggigit kuku.

Cara Merawat Kuku Kaki

Cara Merawat Kuku Kaki

1. Jangan biarkan kuku kaki terlalu panjang

Kalian bisa memotong kuku secara rutin setiap 1 hingga 2 minggu sekali. Kalau bisa, gunakanlah pemotong kuku yang kualitasnya bagus serta ukurannya besar. Atau, kalian juga bisa coba gunakan pemotong kuku yang khusus untuk kuku jari kaki.

2. Potong kuku dengan cara yang tepat

Cara yang tepat adalah dengan memotong mengikuti bentuk jari kaki. Lalu unakan juga alat kikir kuku agar tepian ujunhg kuku yang baru dipotong menjadi lebih halus. Sama seperti kuku tangan, kalian juga tak boleh sembarangan memotong dan membersihkan kutikula agar tak terjadi infeksi serta kuku kaki tidak menjadi sakit. Karena pada dasarnya, kutikula sebenarnya merupakan peloindung alami kuku sehingga jika dipotong asal asalan bisa membuat kuku kita infeksi dan rusak. Jangan pula memotong kuku terlalu pendek karena bisa membuat kita sakit dan kuku bisa tumbuh kedalam dan infeksi.

3. Potong kuku di saat kuku kaki kering

Jika kalian ingin potongan yang rapi, halus, serta bersih, sebaiknya kalian memotong kuku kaki saat dalam keadaan kering karena keadaan ini membuat kuku kaki lebih mudah dipotong.

4. Setelah dipotong, cuci kuku hingga bersih

Jika sudah memotong kuku kaki, kalian harus membersihkannya. Jangan lupa untuk dikeringkan juga. Berikan pula lotion di sekitar kaki, jari kaki, serta kuku kaki kalian. Berikan pelembab khusus untuk area kuku dan kutikula.

5. Kurangi penggunaan penghilang kutek

Hindari menggunakan nail polish remover atau cairan penghilang cat kuku lebih dari 2 kali sebulan. Karena cairan kimia itu sangat keras untuk kuku sehingga bisa membuat kuku menjadi rapuh. Hindari juga penggunaan kuku kaki buatan atau kuku palsu.

Itulah beberapa tips dan cara merawat kuku panjang yang wajib kamu coba untuk mendapatkan kuku panjang yang cantik. Semoga bermanfaat.

About the author

geyserlandobs