Home » 8 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Yang Harus Kamu Coba
Kulit

8 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Yang Harus Kamu Coba

Selain pada wajah, sebenarnya jerawat juga bisa muncul di leher, punggung, serta dada. Jerawat di punggung juga secara tidak sadar bisa mengganggu penampilan serta kenyamanan kita. Bahkan, jerawat ini bisa terasa lebih menyakitkan dan menimbulkan masalah lebih serius daripada jerawat di wajah.

Hal ini dikarenakan terkadang orang tidak menyadari di punggungnya muncul jerawat sehingga tak melakukan tindakan khusus untuk menghilangkannya. Ada beberapa faktor penyebab jerawat yang muncul di punggung.

Misalnya seperti hormon yang meningkat secara signifikan, faktor genetik, pemakaian pakaian yang ketat, tempat tidur yang kotor, hingga mengonsumsi beberapa jenis obat tertentu yang bisa mempengaruhi produksi hormon.

Mungkin, beberapa dari kalian juga mengalami jerawat di punggung. Nah, hal ini sebenarnya bisa kalian hilangkan loh. Untuk mempermudah kalian, di bawah ini kami akan berikan beberapa cara menghilangkan jerawat punggung dan bekasnya. Yuk simak.

1. Gunakan Pembersih Berbahan Benzoil Peroksida dan Asam Salisilat

Gunakan Pembersih Berbahan Benzoil Peroksida dan Asam Salisilat

Kalian juga bisa menggunakan pembersih tubuh yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Benzoil Peroksida bisa membunuh bakteri penyebab jerawat, sedangkan asam salisilat baik untuk benjolan dan komedo. Gunakan produk yang mengandung kedua bahan tersebut hingga jerawat hilang.

Kalian bisa menggunakan benzoil peroksida dalam bentuk sabun atau salep jerawat untuk mengobati jerawat punggung. Aolikasikan setiap hari agar hasilnya optimal. Selain itu, asam salisilat juga bisa kalian peroleh dari apotek atau melalui resep dokter.

Asam salisilat memiliki efek antiradang yang bisa menyebabkan kulit terasa kering atau mengelupas setelah penggunaannya secara rutin.

2. Langsung Mandi Setelah Berkeringat

Langsung Mandi Setelah Berkeringat

Tinggal di negara tropis memang sering membuat tubuh kita berkeringat. Karena itulah, salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh adalah dengan langsung mandi setiap kali habis melakukan kegiatan yang menyebabkan tubuh kita berkeringat.

Setelah berpanas panasan di luar ruangan atau setelah olahraga, ada baiknya jangan membiarkan baju yang berkeringan menempel terlalu lama di tubuh. Ini dilakukan agar keringan tidak menyumbat pori – pori serta mengundang bakteri penyebab jerawat di punggung.

Pakai sabun anti bakteri yang bisa memberikan perlindungan maksimal dari kuman dan menjaga kelembutan kulit. Misalnya yang memiliki kandungan probiotik, zinc, dan juga lactic acid. Sabun ini bisa menjadi sabun untuk jerawat bagi punggung kalian.

3. Kurangi Gesekan di Punggung

Kurangi Gesekan di Punggung

Jika punggung kalian sedang ada jerawat, usahakan untuk mengurangi gesekan pada jerawat. Misalnya dengan tidak menggunakan tas ransel atau pakaian ketat. Karena, pakaian yang ketat dan gesekan bisa memaparkan bakteri penyebab jerawat ke punggung kalian.

Kalian bisa mengganti tas punggung dengan tote bag, sling bag, atau tas selempang kecil yang lebih aman dan tidak menimbulkan jerawat di punggung kalian. Namun jika memang terpaksa menggunakan tas ransel. Usahakan untuk menjaga tas tersebut tetap bersih dan gunakan pakaian yang lebih tebal seperti jaket agar tidak mengenai punggung secara langsung.

4. Eksfoliasi

Eksfoliasi

Selain rajin mandi ada langkah tambahan yang juga harus kalian lakukan untuk memastikan jika sel kulit mati di punggung kalian tak menumpuk dan benar – benar sudah terangkat. Kalian bisa melakukannya dengan cara eksfoliasi.

Eksfoliasi merupakan teknik mengangkat sel kulit mati dengan scrub atau bahan kimia yang khusus. Jika punggung belum berjerawat, kalian bisa melakukan scrub punggung dua kali dalam seminggu. Jika di punggung sudah timbul jerawat, lakukanlah eksfoliasi secara lembut.

Namun, jika kondisi jerawat di punggung sudah terlalu parah, kalian justru perlu menghindari eksfoliasi agar tak memperparah jerawat punggung karena hal ini malah bisa membuat jerawat kalian semakin sakit dan iritasi. Eksfoliasi biasanya digunakan sebagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat di punggung.

5. Lakukan Kompres Air Hangat

Lakukan Kompres Air Hangat

Kalian bisa melakukan kompres air hangat untuk menghilangkan jerawat yang mengganggu di bagian punggung kalian. Kompres air hangat ini tujuannya adalah untuk membuka pori – pori serta mengempeskan jerawat.

Cara ini memungkinkan nanah muncul ke permukaan sehingga jerawat akan pecah dengan sendirinya nanti. Kalian bisa menggunakan kapas, kain, atau handuk bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat, lalu letakkan di area punggung yang berjerawat selama 15 – 20 menit.

6. Gunakan Pakaian Bersih dan Longgar

Gunakan Pakaian Bersih dan Longgar

Menggunakan pakaian longgar ternyata akan sangat berpengaruh pada timbulnya jerawat di punggung. Karena itulah, menggunakan baju yang longgar akan mengurangi risiko terbentuknya jerawat di punggung karena keringat tak akan terperangkap di dalamnya.

Selain mengurangi pakaian yang ketat karena bisa memicu timbulnya jerawat punggung, kebersihan jerawat juga jadi penentu untuk mengurangi jerawat. Pastikan kalian selalu menggunakan pakaian yang bersih.

Jika pakaian sudah pernah terkena keringat, ada baiknya jangan digunakan lagi agar tidak memancing datangnya bakteri di baju. Selain itu, pilihlah deterjen pencuci baju yang aman untuk kulit sensitif. Kadang – kadang, deterjen yang terlalu kuat juga bisa menjadi pemicu terjadinya jerawat punggung dan membuat jerawat yang sebelumnya sudah ada malah semakin parah dan meradang.

7. Ikat Rambut

Ikat Rambut

Cara menghilangkan jerawat punggung yang paling simpel adalah dengan mengikat rambut. Apalagi untuk kalian yang punya rambut yang panjang terurai. Terkadang, rambut bisa menyimpan kotoran serta debu di dalamnya dan juga mengandung minyak.

Karena itulah, kalau rambut kalian sering menempel di punggung, berbagai minyak serta kotoran yang tadinya ada di rambut bisa berpindah ke bagian punggung kalian. Untuk mencegah hal ini terjadi, kalian bisa mengikat rambut agar rambut tidak banyak menyentuh punggung sehingga punggung tak dihinggapi oleh bakteri penyebab jerawat.

8. Batasi Penggunaan Produk Dengan Bahan Dasar Minyak

Batasi Penggunaan Produk Dengan Bahan Dasar Minyak

Jerawat bisa muncul karena adanya produksi minyak atau sebum di kulit yang terlalu banyak dan menyumbat pori – pori. Karena itulah, kalian bisa membatasi penggunaan produk perawatan kulit yang memiliki bahan dasar minyak.

Misalnya seperti lotion dan tabir surya. Ada baiknya kalian memilih produk perawatan kulit yang punya bahan dasar air serta berlabel nonkomedogenik. Gunakan juga bahan – bahan alami untuk mengatasi jerawat di punggung.

Misalnya seperti tea tree oil yang mengandung antiradang dan antiseptik yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, ada juga lidah buaya dan ekstrak teh hijau sebagai obat jerawat alami. Lidah buaya ini memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan. Sementara teh hijau bisa melawan bakteri penyebab jerawat.

Setelah mencoba berbagai cara menghilangkan jerawat punggung, pastinya kalian tak mau kan jika kondisi kulit ini kembali lagi? Karena itulah, kalian harus mencegah juga beberapa hal yang bisa memicu timbulnya jerawat di punggung. Seperti rajin mandi, makan makanan bergizi, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengganti sarung bantal dengan rajin, dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat.