Home » 11 Cara Menghilangkan Mata Ikan di Tangan dan Kaki Yang Aman dan Mudah
Kulit

11 Cara Menghilangkan Mata Ikan di Tangan dan Kaki Yang Aman dan Mudah

Ada banyak orang yang menganggap kalau mata ikan itu sama dengan kapalan. Padahal, keduanya merupakan masalah kulit yang berbeda. Benjolan mata ikan biasanya lebih kecil ukurannya dengan bagian tengahnya bertekstur lunak atau keras.

Jika disentuh, maka bagian mata ikan baik yang lunak ataupun yang keras biasanya akan terasa nyeri. Sedangkan kapalan sendiri merupakan pengerasan atau penebalan di lapisan kulit yang jarang menimbulkan rasa sakit saat disentuh.

Bagian kulit yang mengalami penebalan di kapalan bahkan bisa jadi kurang sensitif jika dibandingkan dengan area sekitarnya. Ukuran atau luas kulit yang mengeras karena kapalan juga seringkali lebih besar jika dibandingkan dengan mata ikan.

Walau begitu, namun kedua masalah kulit ini masih bisa sama – sama dialami oleh siapapun baik anak – anak maupun orang dewasa serta akan menimbulkan ketidaknyamanan. Kemunculan masalah kulit ini juga seringkali dianggap mengganggu kenyamanan kaki apalagi saat berjalan.

Penyebab mata ikan yang paling umum terjadi adalah infeksi human papilloma virus atau HPV. Virus HPV yang menyebabkan mata ikan dan kanker serviks atau kanker kelamin memiliki jenis yang berbeda. Nah, untuk kalian yang mau menghilangkan mata ikan, di bawah ini kami akan berikan cara menghilangkan mata ikan yang alami.

Cara Menghilangkan Mata Ikan Di Kaki

Cara Menghilangkan Mata Ikan Di Kaki
  • Gunakan antibiotik rekomendasi dokter: pemakaian antibiotik fungsinya adalah untuk mencegah serta mengtatasi infeksi pada penanganan mata ikan yang dilakukan sendiri
  • Gunakan batu apung: menggunakan batu apung bisa membantu kita mengatasi mata ikan. Caranya, agar lebih mudah dan mata ikan lebih lunak, rendam kaki dengan air hangat. Lalu, gosok mata ikan pada telapak kaki dengan memakai batu apung pelan – pelan untuk mengikis kulitnya. Sesudah selesai, oleskan pelembap ke area kulit yang terki8kis supaya kulit tetap lembab dan halus. Kalian bisa lakukan perawatan ini rutin sampai mata ikan hilang
  • Konsumsi obat dengan resep dokter: biasanya dokter akan memberikan rekomendasi obat atau prosedur medis untuk membuang mata ikan. Dokter juga akan membantu mencari penyebab mata ikan ini.
  • Gunakan obat – obatan: kalian bisa membeli obat penghilang mata ikan di apotek. Ada pula penghilang mata ikan berupa plester yang ditempelkan seara langsung ke pada area mata ikan. Biasanya plester ini mengandung asam salisilat yang sifatnya panas serta mungkin bisa membakar kulit dan membuat kulit kemerahan. Agar tak terbakar, baca cara menggunakannya dengan benar. Kalau ada keluhan, hentikan pemakaian dan kunjungi dokter.

Cara Menghilangkan Mata Ikan Di Tangan

Cara Menghilangkan Mata Ikan Di Tangan
  • Laser: sinar laser biasanya akan diarahkan ke mata ikan di jari tangan agar mematikan jaringan yang terinfeksi sehingga kulit yang terkena mata ikan bisa segera terlepas. Metode ini hanya bisa dilakukan oleh dokter
  • Rendam tangan dengan air hangat: salah satu cara menghilangkan mata ikan di jari tangan adalah dengan merendam tangan ke dalam air hangat. Lakukan langkah ini selama kurang lebih 10 menit hingga area kulit yang ada mata ikan nya melunak. Gosokkan mata ikan di tangan dengan batu apung dengan gerakan memutar atau menyamping untuk menghilangkan sel – sel kulit mati. Tapi, jangan gosokkan batu apung ke mata ikan secara berlebihan karena bisa menimbulkan iritasi hingga berdarah
  • Cryotherapy: Cryotherapy merupakan prosedur medis yang dilakukan dengan membekukan kulit yang menebal dan mengeras dengan nitrogen cair. Cara ini lebih efektif dilakukan dengan memakai salep asam salisilat. 
  • Operasi: tindakan pembedahan ini hanya bisa dilakukan oleh dokter dan dilakukan untuk memperbaiki posisi tulang yang menyebabkan terjadinya gesekan.
  • Gunakan salep mata ikan: kalian bisa oleskan pelembap atau salep mata ikan di apotek yang punya kandungan asam salisilat. Kandungan ini bekerja dengan mengikis protein keratin yang jadi penyebab terbentuknya sel kulit mati serta penebalan kulit. Walau begitu, penggunaan salep mata ikan yang memiliki kandungan asam salisilat tak direkomendasikan untuk penderita diabetes atau sirkulasi darah yang buruk.
  • Penipisan Lapisan Kulit: tindakan medis ini akan memungkinkan dokter memotong atau mengtikis lapisan kulit yang menebal dan mengeras dengan pisau bedah yang sudah steril pastinya. Langkah ini hanya boleh dilakukan oleh dokter karena bisa menimbulkan infeksi kalau dilakukan sembarangan.
  • Plester mata ikan: jika kalian menghilangkan mata ikan pada jari tangan lewat perawatan rumahan tak kunjung membaik, kalian bisa berkonsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan saran pengobatan seperti penggunaan plester mata ikan dengan kandungan asam salisilat 40%. Dokter juga akan memberi tahu kalian tentang aturan cara penggunaan dan seberapa sering harus mengganti plester mata ikan yang dipakai.

Nah, itulah beberapa cara untuk menghilangkan mata ikan baik di kaki maupun di tangan yang bisa kalian lakukan di rumah dengan mudah. Namun, tentu saja akan lebih baik jika kalian berkonsultasi ke dokter dan meminta bantuan dokter karena dijamin akan lebih aman. Semoga bermanfaat.