Home » 11 Cara Menghilangkan Kantung Mata, Perempuan Wajib Tahu!
Tips

11 Cara Menghilangkan Kantung Mata, Perempuan Wajib Tahu!

Bertambahnya usia memang bisa menjadi salah satu faktor munculnya kantung mata di bawah mata kita. Hal ini memang seringkali terjadi. Karena, jaringan pada sekitar mata akan melemah. Akhirnya, kantung mata pun muncul serta mengganggu penampilan kita sehari – hari.

Ini mungkin menjadi masalah bagi beberapa wanita. Namun, ternyata kantung mata juga bisa dihilangkan loh. Baik dengan skincare, pola hidup, maupun secara alami. Nah, untuk kalian yang ingin tahu, di bawah ini kami akan berikan berbagai cara menghilangkan kantung mata dengan cepat. Yuk simak.

1.Pakai Sunscreen

Pakai Sunscreen

Salah satu hal yang juga tak kalah penting dalam merawat kulit kita adalah selalu menggunakan tabir surya atau sunscree setiap kita pergi ke luar. Karena, hal ini secara tidak sadar bisa membantu kita mencegah berbagai masalah kulit loh. Misalnya seperti mencegah penuaan dini, kanker kulit, hingga mengatasi kantung mata.

Usahakan kalian memilih produk tabir surya yang punya SPF lebih dari 30. Kalau bisa, gunakan pula kacamata hitam saat sedang pergi ke luar dan matahari sedang terik teriknya. Apalagi, sunscreen bukan hanya bisa menimbulkan kantung mata namun juga membuat kulit kita terasa terbakar dan pastinya menimbulkan rasa tidak nyaman. Jadi, pastikan kalian selalu menggunakan sunscreen saat keluar rumah ya!

2.Kompres Dingin

Kompres Dingin

Sebelumnya sudah dijelaskan jika menghilangkan kantong mata bisa dilakukan secara alami. Nah, cara untuk menghilangkan kantung mata bisa kalian lakukan secara alami dengan menggunakan kompres dingin. Rasa dingin yang diberikan dari kompres tujuannya adalah agar mengurangi peradangan serta pembengkakan dengan mengurangi aliran darah.

Banyak jenis kompres dingin yang bisa kalian gunakan dan manfaatkan misalnya kompres es, irisan timun dingin, hingga sendok dingin. Kalian bisa memilih yang menurut kalian lebih nyaman digunakan. Setelah itu, taruh lah kompres tersebut di atas mata yang tertutup dan diamkan selama beberapa menit.

Mentimun memiliki kandungan vitamin A, B, C, kandungan air, dan mineral seperti kalium dan magnesium. Karena itulah kalian bisa mengandalkannya untuk menjaga area sekitar mata agar tetap sehat dan segar.

Mentimun juga punya sufat astrinent yang gunanya untuk melancarkan peredaran darah di bagian lapisan permukaan kulit. Kalian bisa menggunakan khasiat mentimun dengan cara yang mudah. Yaitu dengan memotong mentimun segar jadi beberapa bagian lalu kompres area mata dengan irisan mentimun selama 30 menit. Lakukan secara rutin untuk mendapat area mata yang lebih segar dan sehat.

3.Bersihkan Riasan Sebelum Tidur

Bersihkan Riasan Sebelum Tidur

Tidur dengan keadaan wajah yang masih full make up seperti maskara juga bisa memicu reaksi alergi bahkan hingga infeksi. Selain itu, kebiasaan buruk seperti ini juga lama kelamaan akan membuat kulit di sekitar mata rusak. Karena itulah, mencuci wajah serta melakukan skincare di malam hari sangat penting agar kulit di sekitar mata sehat.

Selain itu, malas membersihkan make up juga sangat berbahaya loh. kalian bisa terkena kanker kulit. Bahkan, ada kasus yang menceritakan seorang wanita yang malas membersihkan maskara dan esoknya ia tak bisa melihat karena hampir buta.

Kalian pasti tidak mau kan make up yang harusnya membuat kalian menjadi cantik malah membawa bencana? Jadi, pastikan make up kalian bersih dengan melakukan double cleansing ya!

4.Menjaga Kelembapan Kulit

Menjaga Kelembapan Kulit

Produk skincare seperti pelembab kulit ternyata bisa kalian gunakan juga untuk mengatasi masalah kantung di bawah mata. Usahakan kalian menggunakan pelembap sehari – hari untuk menjaga kesehatan kulit termasuk kulit di sekitar mata.

Kulit yang lembap biasanya punya penghalang yang baik untuk mencegah iritasi serta alergen. Kedua hal ini bisa menjadi penyebab kantung mata yang membengkak. Memanfaatkan moisturizer ke bagian kantung mata bisa sangat membantu kita dalam menyembuhkan kantung mata kita.

Namun, hati – hati agar tidak masuk ke mata kita ya, karena pasti akan sangat berbahaya dan tidak nyaman. Gunakan saja di daerah mata agar kelembapan sekitar kantung mata tetap terjaga.

5.Konsumsi Makanan Kaya Kolagen

Konsumsi Makanan Kaya Kolagen

Kolagen adalah salah satu protein yang sangat banyak dijumpai pada tubuh, terutama pada otot, tulang, tendon, hingga kulit. Protein ini juga punya peran yang cukup penting untuk memberikan kekuatan serta elastisitas kulit kita. Tak lupa juga mengganti sel kulit mati kita.

Karena itulah, kolagen sangat dibutuhkan untuk mengatasi kantung mata kita. Sumber kolagen yang berasal dari makanan yang biasa kita konsumsi adalah ayam, ikan, putih telur, jeruk, hingga sayuran hijau.

Apalagi, kolagen juga merupakan kandungan yang sangat bagus untuk kulit. Banyak produk kecantikkan yang menggunakan bahan kolagen. Biasanya kolagen digunakan untuk melembabkan, memutihkan, dan mencerahkan kulit. Jadi, kolagen bisa membantu kalian mengurangi kantung mata yang berwarna hitam tersebut.

6.Kurangi Asupan Garam

Kurangi Asupan Garam

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin ternyata bisa menjadi masalah untuk kantung mata kalian. Karena, garam bisa memicu retensi cairan tubuh yang mungkin akan memicu pembengkakan termasuk kulit pada sekitar mata.

Karena itulah, usahakan mengurangi asupan garam dengan cara menghindari mengonsumsi makanan olahan serta kemasan. Dibandingkan makanan kemasan, kalian bisa menggantinya dengan buah – buahan serta sayuran segar.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi garam juga tidak baik untuk tubuh kita karena bisa membuat kita darah tinggi, hingga meningkatkan risiko stroke. Jangan sampai hal ini terjadi pada kalian ya!

7.Gunakan Krim Mata Secara Rutin

Gunakan Krim Mata Secara Rutin

Penuaan biasanya bisa menyebabkan dehidrasi di kulit karena kurangnya kolagen. Namun, untung ada banyak krim mata yang tersedia, baik yang dijual maupun dibuat dari bahan alami.

Kalian juga bisa membuat krim untuk mata dengan mencampurkan bahan – bahan alami seperti minyak rosehip atau lidah buaya. Setelah itu, kalian bisa menggunakan krim ini sebelum kalian tidur di setiap malam.

Ada banyak krim mata yang dijual di pasaran. Kalian bisa memilihnya dengan preferensi kalian serta dengan kebutuhan kalian saat ini. Biasanya krim mata digunakan hanya di saat tidur di malam hari saja.

8.Ubah Posisi Tidur dan Cukupi Waktu Tidur

Ubah Posisi Tidur

Tanpa disadari, ternyata posisi tidur juga bisa menyebabkan kantung mata muncul loh. Jika kalian tidur telentang maka bisa mencegah gravitasi dari menyebabkan cairan di sekitar mata. Kalian juga mungkin bisa menambah bantal di bagian bawah kepala kalian. Namun, tentu saja bantal tersebut harus nyaman digunakan dulu.

Selain mengubah posisi tidur, mencukupi waktu tidur juga sangat mempengaruhi kantung mata kita. Salah satu penyebab terjadinya kantung mata yang paling umum biasanya adalah karena kurang tidur.

Karena, kurang tidur biasanya menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit kita tipis lalu mata melebar dan akhirnya menciptakan warna gelap. Pembuluh darah yang melebar juga bisa menyebabkan penumpukkan cairan di sekitar mata sehingga terbentuk kantung mata.

Pastikan kalian tidur dengan kualitas dan cukup setiap malam. Cobalah buat jadwal tidur atau waktu tidur dan bangun yang teratur, Hindari minuman dan makanan berkafein 6 hingga 12 jam sebelum waktu tidur kalian. Hindari minuman beralkohol menjelang waktu tidur.

9.Rutin Olahraga

Rutin Olahraga

Ternyata, rutin olahraga juga bisa membantu kita menghilangkan kantung mata loh. Karena, senam wajah merupakan salah satu cara yang alami yang bisa dilakukan untuk mengurangi kantung mata. Jenis olahraga yang bisa kalian coba lakukan untuk menjaga kesehatan kulit di sekitar mata antara lain yoga, aerobik, hingga senam wajah.

Olahraga juga bisa membuat tubuh kita bergerak sehingga lebih sehat dan berkeringat. Jadi, kita bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus saat melakukan olahraga, Seperti mengurangi kantung mata serta mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

10.Minum Cukup Air

Minum Cukup Air

Cara alami untuk menghilangkan kantung mata yang paling mudah juga bisa dengan meminum cukup air. Karena, pada dasarnya berat badan kita terbentuk dari air sebanyak 60% nya. Karena itulah, tak heran jika kita sedang dehidrasi maka kantung mata di bawah mata bisa muncul.

Karena itulah, meningkatkan asupan air juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan kantung mata. Beberapa ahli juga menyarankan untuk minum sekitar 6 hingga 8 gelas air. Jika kalian bosan, gantilah air putih sesekali dengan air soda atau the herbal tanpa kafein.

Air membentuk 60% dari berat tubuh kita. Karena itulah, tak heran jika dehidrasi juga bisa menyebabkan kantung mata. Dengan begitu, meningkatkan asupan air akan membantu kita menghilangkan kantung mata.

Para ahli merekomendasikan minum sekitar 13 gelar air putih per hari untuk pria dan sekitar 9 gelas air putih per hari untuk wanita.

11.Batasi Alkohol dan Rokok

Batasi Alkohol dan Rokok

Sebenarnya, konsumsi alkohol berlebihan juga bisa menyebabkan dehidrasi dan akhirnya bisa membuat kantung mata menjadi hitam. Karena itulah, sebaiknya batasi atau kalau bisa berhenti minum alkohol demi penampilan kulit yang lebih sehat.

Selain alkohol, rokok yang dikenal berbahaya untuk tubuh juga tak baik untuk kesehatan kulit sekitar mata kita. Karena, merokok bisa menyusutkan cadangan vitamin C dalam tubuh kita. Vitamin C sendiri merupakan vitamin terpenting untuk kolagen yang sehat pada kulit kita.

Karena itulah, masalah kulit berkerut hingga lingkaran hitam di sekitar mata bisa muncul. Berhenti merokok juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata hitam. Selain itu juga bisa membantu mencegah masalah kesehatan lain seperti diabetes dan juga penyakit jantung.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian coba lakukan untuk mengurangi kantung mata yang timbul. Kantung mata memang seringkali mengganggu penampilan dan membuat kita tidak pede. Karena itulah, banyak orang yang ingin menghilangkan kantung mata ini. Semoga bermanfaat.

About the author

geyserlandobs