Home » 8 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan – Bahan Alami
Kulit

8 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan – Bahan Alami

Cara Menghilangkan Jerawat – Jerawat merupakan salah satu penyakit radang kronis yang berasal dari kelenjar pilosebasea yang ditandai dengan adnaya komedo, papul, kista, seta pustula. Selain di wajah, jerawat juga bisa tumbuh pada bagian tubuh lainnya. Misalnya seperti bahu, dada, lengan atas, sampai dengan punggung.

Saat muncul di wajah, jerawat seringkali bukan hanya bisa menimbulkan rasa sakit atau tak nyaman namun juga bisa membuat rasa percaya diri menurun. Jika jerawat ditangani dengan cara yang salah, malah akan membuat wajah menjadi kusam, bernoda hitam, sampai dengan bopeng.

Perawatan jerawat secara konvensional bisa dilakukan namun terkadang harganya mahal dan ada efek samping yang tak diinginkan mulai dari kulit kering, kemerahan, hingga iritasi. Ini mendorong banyak orang mencari cara mengibati jerawat secara alami.

Nah, di bawah ini kami akan berikan bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan cara yang alami. Yuk simak.

1. Gunakan Witch Hazel

Gunakan Witch Hazel

Witch Hazel juga bisa menjadi cara alami menghilangkan jerawat karena punya nama latin Hamamelis Virginiana. Kandungan ini punya kandungan tanin yang punya sifat antibakteri serta anti inflamasi yang kuat.

Itulah kenapa witch hazel bisa dipakai untuk mengobatoi berbagai masalah kulit, termasuk ketombe, eksim, varises, luka bakar, gigitan serangga, memar, hingga jerawat. Beberapa penelitian menungkapkan penggunaan witch hazel di kulit bisa melawan bakteri, mengurangi peradangan, sampai dengan membantu penyembuhan.

Cara menggunakannya adalah dengan menyampurkan 1 sendok makan kulit witch hazel dengan 1 gelas air dalam wadah kecil, biarkan terendam selama setengah jam lalu didihkan selama 10 menit dan diamkan sampai dingin.

Setelah itu, saring dan simpan cairan ke dalam wadah tertutup dan oleskan untuk membersihkan kulit menggunakan bola kapas 1 – 2 kali per hari sesuai kebutuhan kulit.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Seng/Zinc

Konsumsi Makanan Sumber Seng

Zinc atau seng adalah salah satu nutrisi paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan sel, produksi hormon,metabolisme, sampai dengan fungsi kekebalan tubuh. Penggunaan nutrisi ini juga termasuk salah satu perawatan alami untuk menghilangkan dan mencegah jerawat yang sangat ampuh.

Penelitian juga menunjukkan jika orang dengan jerawat seringkali punya kadar seng yang lebih rendah dalam darah dibandingkan mereka yang kulitnya bersih. Beberapa penelitian juga menunjukkan konsumsi seng secara langsung bisa mengurangi jerawat.

Selian mengandung seng tinggi, konsumsi seng dalam bentuk suplemen juga bisa dilakukan. Dosis optimal seng untuk jerawat belum ditentukan, namun beberapa penelitian sudah menunjukkan pengurangan siginifikan jerawat dengan 30 – 45 mg unsur seng tiap hari.

Sementara batas untuk asupan seng yang direkomendasikan aman adalah 40 mg per hari. Jadi, sebaiknya tidak mengonsumsi seng terlalu banyak karena bisa menyebabkan efek samping seperti iritasi usus dan sakit perut.

3. Gunakan Lidah Buaya

Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman tropis yang daunnya menghasilkan gel bening yang kaya akan manfaat. Gel lidah buaya selama ini sering ditambahkan ke lotion, salep, sabun, dan juga krim. Krim ini biasanya digunakan untuk mengobati ruam, lecet, luka bakar, hingga kondisi kulit lainnya.

Saat diterapkan pada kulit, gel lidah buaya bisa membantu menyembuhkan luka, mengobati luka bakar, dan melawan peradangan. Lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan sulfur yang keduanya dipakai secara luas dalam pengobatan jerawat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan asam salisilat ke kulit bisa menghilangkan jerawat secara signifikan. Sama seperti penerapan sulfur yang terbukti bisa menjadi pengobatan jerawat yang efektif.

Kerok gel lidah buaya dengan sendok lalu oleskan gel secara langsung untuk membersihkan kulit sebagai pelembab. Ulangi 1 – 2 kali sehari sesuai dengan keinginan kalian.

4. Masker Madu dan Kayu Manis

Masker Madu dan Kayu Manis

Menggunakan masker madu dan kayu manis bisa menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat karena madu dan kayu manis punya antioksidan seperti vitamin B3, asam lemak linoleat atau omega 6, dan SAP atau natrium ascorbyl fosfat yang merupakan turunan vitamin C.

Madu dan kayu manis juga punya sifat antibakteri serta bisa mengurangi peradangan yang menjadi 2 faktor utama pemicu jerawat. Walaupun madu dan kayu manis terbukti punya sifat anti inflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang bermanfaat untuk kulit berjerawat, namun memang belum ada penelitian tentang kemampuan dua bahan itu untuk mengobati jerawat.

Cara membuat masker dengan bahan ini adalah dengan mencapurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendij the kayu manis bersama untuk membentuk bahan masker. Sesudah wajah dibersihkan, oleskan masker ke wajah dan biarkan 10 – 15 menit. Lalu bilas masker sampai bersih dan tepuk – tepuk wajah kalian hingga kering.

5. Konsumsi Makanan Sumber Lemak Omega 3

Konsumsi Makanan Sumber Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 merupakan lemak yang sangat sehat yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Minyak ikan sendiri mengandung 2 jenis utama asam lemak omega 3 yaitu asam eikosapentarnoat atau EPA dan asam docosahexaenoic atau DHA.

EPA sendiri memiliki manfaat untuk kulit seperti salah satunya untuk menghilangkan jerawat dan juga termasuk mengelola produksi minyak, mempertahankan hidrasi yang memadai, hingga mencegah tumbuhnya jerawat baru. Kadar EPA dan DHA terbukti mengurangi faktor peradangan yang bisa mengurangi risiko jerawat.

Beberapa makanan yang tinggi adam omega 3 yang baik di konsumsi di antaranya adalah salmon, sarden, teri, kenari, biji chia, hingga biji rami giling. Selain makanan, asam omega 3 juga bisa didapatkan dari konsumsi suplemen. Direkomendasikan untuk orang dewasa yang sehat untuk mengonsumsi minimal 250 – 500 mg asam lemak omega 3 per harinya.

6. Gunakan Tea Tree Oil

Gunakan Tea Tree Oil

Tea Tree Oil atau minyak pohon the adalah sebuah minyak esensial yang didapatkan dari hasil ekstraksi daun the atau Melaleuca. Tea tree oil ini juga sudah sangat terkenal sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami.

Karena, kandungan ini bisa melawan bakteri serta mengurangi peradangan kulit. Apalagi, penelitian juga menunjukkan bahwa mengoleskan tea tree oil 5% ke kulit bisa efektif untuk mengurangi jerawat. Jika dibandingkan dengan 5% benzoil peroksida memang tea tree oil tak bekerja lebih cepat.

Namun, tea tree oil bisa secara signifikan menghilangkan jerawat setelah 3 bulan penggunaan. Kandungan ini juga ada efek samping yang lebih sedikit dibandingkan benzoil peroksida yang bisa menimbulkan kekeringan, terbakar, hingga iritasi.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan 1 sendok minyak pohok dengan 9 sendok air lalu celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan oleskan ke daerah yang mengalami jerawat. Setelah itu oleskan pelembab jika diinginkan. Lakukan proses ini 1 – 2 kali sehari sesuai kebutuhan.

7. Terapkan Diet Rendah Glikemik

Terapkan Diet Rendah Glikemik

Hubungan antara diet dan jerawat sudah lama menjadi perdebatan selama bertahun – tahun. Bukti terbaru menunjukkan bahwa faktor makanan seperti insulin dan indeks glikemik bisa dikaitkan dengan jerawat sehingga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami.

Indeks glikemik makanan atau GI merupakan ukuran seberapa cepat makanan itu bisa meningkatkan gula darah. Makan makanan tinggi GI menyebabkan lonjakan insulin yang bisa meningkatkan produksi sebum.

Karena itulah, makanan dengan GI yang tinggi bisa memiliki efek langsung pada perkembangan serta tingkat keparahan jerawat. Makanan yang termasuk punya indeks glikemik tinggi yaitu roti putih, minuman ringan bergula, kue kering, kue donat, sereal sarapan manis, permen, dan makanan olahan lain.

Sementara, makanan yang indeks glimeknya rendah yaitu buah – buahan, kacang – kacangan, biji – bijian, hingga sayuran. Studi lain menunjukkan bahwa diet rendah glikemik mungkin bermanfaat untuk orang dengan kulit berjerawat namun masih perlu penelitian lebih lanjut.

8. Gunakan Teh Hijau

Gunakan Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga meminum antioksidan bisa meningkatkan kesehatan. Sebenarnya belum ada penelitian yang mengungkapkan mengenai manfaat dari minum teh hijau saat timbul jerawat.

Namun, menerapkannya langsung ke kulit sudah terbukti bisa membantu. Karena, ada flavonoid dan tanin di dalam teh hijau yang bisa membantu melawan bakteri serta bisa mengurangi peradangan yang menjadi 2 penyebab utama dari jerawat.

Antioksidan utama yang ada di dalam teh hijau adalah epigallocatechin 3 atau EGCG yang terbukti bisa menghambat pertumbuhan bakter P. acnes pada individu dengan kulit yang cenderung berjerawat.

Beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa menerapkan ekstrak teh hijau 2 – 3% ke kulit bisa secara signifikan mengurangi produksi sebum dan jerawat. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya perlu merebus teh hijau dalam air mendidih 3 – 4 menit lalu biarkan dingin.

Setelah dingin, gunakan ke kulit memakai bola kapas atau bisa juga tuangkan ke dalam botol semprot untuk disemprotkan. Biarkan mengering lalu bilas dengan air dan keringkan.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan alami yang sudah Geyserlandobs rangkum berdasarkan yang paling ampuh untuk menyembuhkan jerawat. Namun selain melakukan hal-hal diatas, pada dasarnya penyebab jerawat sendiri ialah kotoran. Oleha karena itu pastikan kamu menjaga kebersihan wajah dan jangan sering memegang wajah dengan tangan kamu yang kotor ya. Semoga bermanfaat.