Home » 8 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Yang Harus Kamu Terapkan
Kulit

8 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Yang Harus Kamu Terapkan

Produksi sebum atau minyak di muka sebetulnya sangat penting untuk menjaga kelembapan alami yang ada di kulit. Namun, jika jumlahnya berlebihan sampai kesannya membuat wajah terlalu berkilau karena minyak pastinya sangat mengganggu.

Selain itu, wajah yang berminyak juga lebih berbahaya karena akan rentan timbul jerawat. Hal ini dikarenakan minyak yang ada di wajah akan menyumbat pori – pori yang akan menyebabkan jerawat. Namun, bukan berarti hal ini tak bisa diperbaiki loh.

Kalian sebenarnya bisa mengurangi kadar minyak yang ada di wajah kalian. Kalian hanya perlu tahu bagaimana cara mengatasi minyak yang ada di wajah saja. Nah, di bawah ini kami akan berikan beberapa cara mengatasi wajah berminyak secara alami.

1. Jaga Pola Makan

Jaga Pola Makan

Cara mengatasi wajah berminyak dan kusam yang paling pertama dan paling penting adalah dengan menjaga pola makan. Karena, kandungan gula di beberapa makanan bisa berpotensi membuat kuloit jadi tambah berminyak. Sama seperti minuman manis seperti soda atau bubble tea juga.

Tak ada salahnya untuk mengurangi makanan dengan refined carbs lalu menggantinya dengan karbohidrat yang kompleks misalnya seperti whole grain. Pertahankanlah diet yang kaya akan sayur dan buah setidaknya 2 bulan supaya kulit terlihat lebih sehat. Untuk mengatasi wajah yang berminyak, kalian bisa mencoba mengonsumsi banyak makanan sehat seperti mentimun, alpukat, ikan salmon, hingga air kelapa.

2. Cuci Wajah Teratur

Cuci Wajah Teratur

Mencuci wajah tak perlu terlalu sering. Kalian cukup mencucinya dua kali sehari saja dan itu sudah lebih dari cukup. Yaitu saat pagi baru bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Apalagi, kalau kulit kalian sedang berkeringat serta terasa kotor setelah beraktivitas di luar ruangan.

Pastikan kulit kalian bersih dari berbagai kotoran. Inilah yang menjadi kunci utama dalam membebaskan minyak yang ada di wajah kalian. Kalian juga bisa menggunakan pembersih wajah yang punya formulasi lembut serta menghindari butiran scrub yang terlalu kasar. Jangan lupa bilas wajah dengan air hangat atau suam – suam kuku karena air panas berpotensi menyebabkan iritasi.

3. Hindari Stress

Hindari Stress

Tekanan emosional memang sangat mungkin memunculkan minyak di wajah. Karena, tingkat stress bisa memicu tubuh untuk memproduksi kortisol. Hormon inilah yang sering menyebabkan minyak berlebih yang ada di permukaan kulit.

Menjauhi stress bisa kalian lakukan dengan berbagai macam cara. Misalnya hang out dengan teman kalian, melakukan hobi kalian, bersantai di tempat – tempat kesukaan kalian, main game, dan masih banyak lagi.

4. Gunakan Toner

Gunakan Toner

Toner masih banyak diyakini sebagai langkah yang penting untuk mengurangi kelebihan sebum yang ada di permukaan kulit. Produk dengan komposisi seperti glycolic acid dan salycid acid ini memang bisa membantu mengikis kotoran serta kelebihan minyak yang menyumbat pori – pori kulit sekaligus membuat tekstur wajah jadi terlihat lebih baik.

Kelebihan lain yang dimilikinya juga adalah bahan ini bisa mencegah kemunculan jerawat. Selain itu, produk yang mengandung anti inflamasi serta astringen alami ini bisa membersihkan kotoran yang menyumbat sekaligus membuat pori – pori mengecil.

Walau begitu, namun kalian juga harus ekstra hati – hati karena penggunaan toner yang berlebihan bisa menyebabkan wajah menjadi kering. Lebih baik toner digunakan di zona T yaitu di bagian dahi, hidung, dan dagu saja. Kalian juga harus memilih toner yang cocok dengan kalian untuk menghindari iritasi.

5. Olahraga

Olahraga

Olahraga yang teratur dalam seminggu ternyata bis amembantu kita untuk lebih rileks dan terhindar dari stress loh. Seperti yang sudah dijelaskan tadi. Stress memang bisa memicu reaksi tubuh untuk memproduksi minyak di wajah.

Karena itulah, kalian bisa mencoba berjalan kaki 10 menit setiap minggu selama 2 – 3 minggu ke depan. Lalu, nantinya kalian bisa meningkatkan frekuensi seta durasinya secara bertahap dengan menyesuaikan kemampuan kalian.

Olahraga lain yang bisa membantu kalian terhindari dari stress adalah Yoga, dengan menekankan pada teknik pernapasan akan memicu respon tubuh dan membantu kalian mengatasi rasa stress. Lakukan dengan durasi 35 – 40 menit perhari untuk hasil yang lebih maksimal. Atau, kalian bisa lakukan olahraga yang memang kalian sukai saja.

6. Gunakan Pelembab Wajah Yang Cocok

Gunakan Pelembab Wajah Yang Cocok

Salah satu cara untuk mengatasi wajah berminyak dan berjerawat adalah dengan menggunakan moisturizer yang cocok. Kulit yang berminyak bisa snagat terbantu dengan adnaya penggunaan pelembab. Asalkan, kalian tidak menggunakan produk yang sembarangan.

Jika kulit kalian termasuk berminyak, pilihlah pelembab yang bentuknya gel yang tak terlalu berat di wajah. Atau, kalian juga bisa menggunakan moisturizer dengan finishing yang lebih matte agar tak menimbulkan kesan wajah berminyak.

7. Gunakan Kertas Minyak

Gunakan Kertas Minyak

Salah satu cara mengatasi kulit wajah berminyak yang paling mudah adalah dengan menggunakan kertas minyak atau blotting paper. Kertas tipis dan kecil ini memang tak akan bisa mencegah kelenjar sebaceous kalian untuk tak bekerja secara berlebihan.

Namun setidaknya, kertas minyak bisa membantu kalian menghilangkan minyak berlebih yang ada di wajah untuk membantu meminimalisir kulit yang terlalu berminyak atau berkilau. Kertas minyak ini juga mudah didapatkan dan tersedia dengan harga yang bervariasi di toko kecantikkan, apotek, bahkan minimarket. Gunakanlah kertas minyak sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan.

8. Rutin Gunakan Masker Wajah

Rutin Gunakan Masker Wajah

Pemakaian masker dengan teratur juga merupakan salah satu kunci utama untuk wajah yang lebih sehat, tak terkecuali dengan kulit yang berminyak. Mud mask atau clay mask sering disebut – sebut sebagai dua masker ter manjur untuk mengatasi kulit berminyak.

Asalkan kalian menggunakannya tidak sembarangan dan membaca baik – baik serta mengikuti petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan. Kalau perlu, gunakan masker wash off hanya pada bagian wajah yang sering bermasalah saja.

Kalian juga bisa menggunakan masker wajah yang punya bahan alami untuk mengatasi wajah berminyak seperti tomat dan madu. Kandungan anti bakteri dan antiseptik dari madu bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit wajah kalian. Sedangkan tomat memiliki kandungan asam yang bisa membantu mengontrol penumpukan minyak di pori – pori wajah.

Cara mengatasi wajah berminyak di atas sangat mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah. Yang harus kita ubah hanyalah gaya hidup kita saja agar wajah juga lebih cerah dan tak terlalu berminyak. Ingat, yang harus kalian lakukan adalah mengontrol minyak dan bukan menghilangkannya. Karena, minyak sebenarnya juga dibutuhkan oleh wajah agar kulit lebih lembab dan awet muda. Jadi, jangan membenci minyak wajah kalian ya! Semoga bermanfaat.